Mengapa muncul asap ketika kita membakar kayu?
14 July 2017 - 09:17, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Sering kita mendengar kabut asap di daerah Sumatera Selatan dan Kalimantan menjadi penyebab utama batalnya penerbangan di beberapa bandara. Nah, sebenarnya darimana asap tersebut berasal?

Kayu terbuat dari kombinasi antara hidrokarbon, air dan mineral, saat temperatur naik diatas 149 derajat celcius, hidrokarbon akan mulai menguap dan melayang di udara. Pada saat pembakaran, komponen ini kemudian akan bergabung dengan oksigen dan melepaskan energi yang terlihat, yang biasa kita lihat sebagai lidah-lidah api.

Namun kadangkala pada saat pembakaran, tidak cukup oksigen bagi komponen ini untuk terbakar habis, sehingga komponen tersebut terus mengapung naik ke atas udara panas. Bersama dengan minyak yang juga menguap membentuk partikel-partikel halus yang dikenal sebagai Asap. Partikel-partikel ini bergerak secara acak dan sering membawa serta berbagai komponen dan partikel lainnya. Bersama mereka membentuk pola berputar-putar.

Apa yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan, adalah pembakaran hutan kayu untuk dibuat lahan bagi pemukiman atau pertanian. Saat asap tersebut naik ke atas dan berkumpul bersama dalam skala masif, menyebabkan pandangan visual di angkasa terganggu, sehingga pilot pesawat tidak dapat melihat secara jelas. Asap ini juga sangat berbahaya bagi sistem pernafasan makhluk hidup (***).