Tahukah Kamu, Hukum Archimedes Ditemukan oleh Archimedes Ketika Ia Melangkahkan Kakinya ke Dalam Bak Air?
11 July 2017 - 12:08, TS
0,00/5,00 dari 0

Ternyata, hukum Archimedes yang dikenal sampai sekarang, ditemukan secara tidak sengaja. Ada sebuah cerita menarik mengenai Archimedes. Ia diperintahkan oleh Raja Hieron untuk membuktikan apakah mahkota raja terbuat dari emas murni atau terbuat dari emas campuran, tetapi tanpa merusak mahkotanya itu. Berhari-hari Archimedes berfikir keras untuk mencari pemecahannya. Ketika kepalanya terasa panas karena terlalu banyak berfikir, Archimedes masuk ke dalam bak mandi umum dengan melepas seluruh pakaianya.

Tiba-tiba ia bangkit dan berlari sepanjang jalan Syracuse sambil berteriak "Eureka...! Eureka...!" yang artinya "Sudah kutemukan", sesaat setelah Archimedes melihat air melimpah dari bak mandi saat ia melangkahkan kakinya ke dalam bak mandi. Archimedes menyadari bahwa limpahan air itu sama dengan jumlah keseluruhan dari badannya sendiri yang ia masukkan kedalam air. Archimedes akhirnya menemukan hukum gaya apung dan membuktikan bahwa mahkota raja terbuat dari emas campuran.

Selain dikenal sebagai penemu sifat gaya apung (Hukum Archimedes), Archimedes juga menemukan Hukum Tuas Katrol dan model orbit bintang.