Asal Usul Es Krim
05 July 2017 - 16:34, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Siapa yang tidak suka es krim? Tentunya hampir semua orang suka es krim. Menurut laporan BBC, es krim mulai dikenal sejak 200 SM di Cina yang berbentuk campuran susu beku dan beras. Resep es krim masuk ke eropa melalui Italia lewat pedagang Italia yang pada saat itu berkunjung untuk berdagang ke Cina. Dari Italia, resep tersebut menyebar dan berkembang ke Eropa.

Es krim sering muncul di makanan kerajaan Inggris abad 17,saat diperintah oleh Raja Charles I. Di Perancis diperkenalkan oleh Catherine de Medici (berasal dari Italia) yang menjadi istri Henry II dari Perancis. Ia membawa serta koki-koki Italia ke Perancis bersama resep es krim mereka. Tahun 1660 es krim baru tersedia untuk umum, Keluarga Sicillian Procopio memperkenalkan es krim di Cafe Procope, Paris.

Dari Eropa, es krim dibawa oleh para imigran ke Amerika. Toko es krim pertama dibuka di New York pada tahun 1776. Koloni awal amerika inilah yamg menggunakan istilah “Ice Cream” untuk pertama kalinya. Iklan pertama es krim dimuat di koran  The New York Gazette pada tanggal 22 Mei 1777, namun saat itu hanya orang yang cukup kaya saja yamng mampu menikmati makanan ini.

Tahun 1851, dipelopori oleh agen Susu yang tinggal di Baltimore, Jacob Fusell, proses pembuatan es krim ini mulai memasuki era industri. Produksi es krim meningkat dengan lahirnya era mesin uap, tenaga listrik dan mesin pendingin/refrigerator maupun sarana angkutan yang lebih cepat. Pada tahun 1943, es krim digunakan sebagai alat pembangkit moral pasukan AS di Perang Dunia ke-2. Saat itu US Armed Force/Angkatan Bersenjata Amerika Serikat menjadi salah satu pabrik es krim terbesar didunia. Akibatnya Es krim menjadi sangat populer, bahkan menjadi simbol kemenangan Amerika Serikat di Perang Dunia ke-2 ini.

Fakta yang cukup mencengangkan adalah, ternyata penduduk Amerika Serikat merupakan konsumen terbesar, diikuti oleh Australia. Orang Amerika Serikat, rata-rata menghabiskan es krim 23 liter per orang per tahun. Nah bagaimana dengan di Indonesia?