Darimana nama benua Amerika berasal?
05 July 2017 - 12:37, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Ehmm…… Jika penemu benua Amerika adalah Christopher Columbus, mengapa bukan menggunakan namanya sebagai nama benua Amerika?

Memang benua Amerika awalnya diketemukan (oleh dunia barat), pertama kali oleh Christopher Columbus pada tahun 1492, tetapi Columbus mengira bahwa benua yang ditemukan adalah India Barat (yang posisinya sebenarnya di Asia), karena itulah ia menamakan penduduk aslinya sebagai “Indian”. Kesalahannya ini dikoreksi oleh Amerigo Vespucci, seorang penjelajah. pedagang, dan pembuat peta dari Italia yang melakukan penjelajahan dan pelayaran beberapa kali pada tahun 1497-1504 disekitar pantai timur Amerika Selatan.

Awalnya ia bekerja untuk keluarga Medici di Florence, kemudian ia pindah ke Spanyol. Pada pelayaran kedua tahun 1502, ia menyadari kesalahan yang dibuat oleh Christopher Columbus, dan menuliskannya di dalam surat yang ditujukan kepada temannya. Dalam surat tersebut ia menyebut benua yang di ketemukan sebagai Mundus Novus/New World atau Dunia Baru berbeda dengan India.

Nama benua “Amerika” pertama kali muncul di dalam peta dunia yang di buat oleh ahli peta Martin Waldseemüller dari Jerman, pada tahun 1507. Diperkirakan dalam pengerjaannya ia mendapat saran koreksi posisi benua Amerika dari Amerigo Vespuci. Ia menggunakan nama latinnya yaitu Americus Vespucius, namun Waldseemuller menuliskan sebagai bentuk feminimnya: “America”, seperti kedua benua Europa dan Asia yang mendapatkan nama dari Wanita. Dari sinilah benua yang awalnya hanya dikenal dengan istilah  Mundus Novus/New World diberi nama America. Peta yang hanya dicetak sekitar 1000 buah ini akhirnya menjadi pedoman penamaan benua tersebut.