Apa sih sebenarnya “Black Box” itu?
03 July 2017 - 11:24, Jfk
5,00/5,00 dari 1

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah “Black box”, apalagi setelah terjadinya kecelakaan pesawat Malaysia Airline (MAS) MH370 bulan Maret 2014. Nah sebenarnya apasih yang dimaksud dengan Black box itu? apakah benar warnanya hitam kelam?

Black box sebenarnya hanya istilah, warna aslinya adalah dominan jingga, merah atau warna yang mencolok, tujuannya agar mudah dilihat/ditangkap mata. Bentuknya umumnya persegi panjang tetapi ada juga yang bulat. Black box memiliki peran yang cukup penting dalam dunia penerbangan, karena berfungsi merekam semua data dan aktivitas di dalam pesawat saat penerbangan.

Umumnya black box terdiri dari dua bagian, bagian pertama disebut Cockpit Voice Recorder (CVR) berfungsi untuk merekam semua pembicaraan yang dilakukan didalam cockpit baik antara pilot dengan co-pilot maupun dengan ATC (Pemandu Lalu Lintas Udara/Air Traffic Controller)di bandara. Umumnya melalui pembacaan kotak ini dapat terungkap penyebab kecelakaan yang terjadi pada pesawat terbang melalui transkrip pembicaraan  antara mereka berdua maupun dengan ATC.

Bagian yang kedua disebut Flight Data Recorder (FDR), berfungsi mencatat hal-hal terkait dengan operasi dan karakteristik pesawat seperti data dari kecepatan, percepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, status autopilot, termometer, pengukur mesin,  permukaan atur posisi, beralih posisi, aliran bahan bakar dan berbagai parameter lainnya. Parameter-parameter tersebut direkam beberapa kali per detik, beberapa type FDR dapat juga merekam data pada frekuensi yang lebih tinggi saat masukan berubah dengan cepat.

Black box umumnya ditempatkan dibagian kepala atau ekor pesawat dengan perkiraan bila terjadi kecelakaan maka bagian inilah yang relatif utuh. Selain itu Black box ini sendiri juga di lapisi dengan bahan yang cukup tahan api, kedap air dan dilengkapi dengan beacon yang memancarkan sinyal dengan frekruensi tertentu, sehingga data masih tetap terbaca meskipun pesawatnya hancur. Melalui Black box inilah, para ahli berharap misteri kecelakaan sebuah pesawat dapat terungkap. (***)