Mengapa ayam jantan selalu berkokok saat pagi hari?
01 July 2017 - 20:14, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Sebenarnya, ayam berkokok tidak tergantung siang maupun malam. Dengan berkokok, ayam hendak menunjukkan bahwa "saya ini ada, dan ini daerah saya, jangan coba-coba ganggu saya dan ayam betina yang saya lindungi". Dengan begitu, kokok ayam tidak ada hubungannya dengan waktu.

Menurut Janet Hinshaw dari Wilson Ornithological Society, ayam berkokok waktu pagi karena saat itu ayam sangat aktif dan sebagai pengumuman mengenai daerah yang dikuasainya. Di waktu siang kokok ayam digunakan untuk komunikasi seperti memanggil kelompoknya agar tetap mengumpul.

Anjing juga demikian, ia menggonggong waktu ada sesuatu yang asing  mendatangi wilayahnya. Selain itu anjing juga menggonggong ketika sangat senang, frustasi, kesepian, bosan, atau minta perhatian. Banyak sekali arti gonggongan anjing. Soalnya, anjing tidak bisa ngomong seperti kita. Mirip bayi yang hanya bisa menangis untuk mengungkapkan banyak hal.

Kalau anjing terus-menerus menggonggong di malam hari, mungkin ia kesepian dan frustasi. Kita dapat melatih anjing itu untuk tidak terus menggonggong malam-malam. Salah satu caranya dengan menyiramkan air cuka di dekat tubuhnya (bukan di dekat mukanya), ketika ia mulai menggonggong.

Sebaliknya penelitian lain yang dipimpin oleh Takashi Yoshimura dari Universitas Nagoya, membenarkan ayam akan selalu berkokok saat pagi hari, meskipun lingkungannya tidak mendukung. Ia melakukan percobaan dengan meletakan ayam jantan di cahaya redup sepanjang waktu, hasilnya, ayam tersebut tetap akan berkokok tepat saat subuh. Dari penelitian ini Ia menyimpulkan adanya ritme sirkardian. Ritme Sirkardian atau jam internal tubuh adalah siklus 24 jam dari makhluk hidup yang menentukan pola tidur dan makan pada Hewan dan Manusia. Itulah mengapa kita cenderung untuk melakukan aktivitas seperti makan, tidur, atau kegiatan lain di waktu yang seragam (***).