Apa itu Revolusi Bumi terhadap Matahari
29 June 2017 - 08:23, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Mengapa periode panjang siang dan malam di bulan-bulan tertentu berubah-ubah. Kira-kira faktor apa yang menyebabkan jam 5 pagi pada musim hujan, langit sudah tampak terang? Fenomena alam ini ternyata sangat berhubungan dengan gerak perputaran Bumi.

Periode perputaran Bumi mengelilingi matahari disebut revolusi, revolusi berlangsung selama 365,25 hari.Uniknya poros perputaran bumi tidaklah tegak lurus, melainkan miring dengan memmbentuk sudut 23,5 derajat terhadap matahari. Sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan atau sumbu rotasi.

Pada saat tanggal 21 Maret hingga 23 September, Kutub utara mendekati matahari dan kutub selatan menjauhi matahari, akibatnya belahan bumi utara menerima sinar matahari lebih banyak daripada belahan bumi selatan, maka waktu siang di belahan bumi utara lebih panjang daripada waktu malamnya. Jika kita mengamati dari khatulistiwa, matahari tampak bergeser ke utara.

Sebaliknya pada 23 September hingga 21 Maret, Kutub selatan mendekati matahari, sedangkan kutub utara lebih menjauhi matahari, akibatnya belahan bumi selatan menerima sinar matahari lebih banyak daripada belahan bumi utara, maka waktu siang dibelahan bumi selatan lebih lama daripada belahan bumi utara. Jika kita mengamati dari khatulistiwa, matahari tampak bergeser ke utara.

Diantara periode tersebut, pada tanggal 21 Maret dan 23 Desember, posisi Matahari tepat berada diatas khatulistiwa. Jarak ke Kutub utara dan kutub selatan dari matahari sama, akibatnya belahan bumi utara dan belahan bumi selatan menerima sinar matahari sama banyaknya. dan Panjang siang dan malam sama diseluruh belahan bumi. (***)