Siapa penemu mouse atau tetikus?
27 June 2017 - 10:25, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Siapa sih yang tidak mengenal mouse/tetikus? Alat kecil yang biasa menemani papan ketik/keyboard ini. Alat ini ternyata sudah diketemuan sejak tahun 1963. Lalu apa hubungannya dengan tikus? Karena bentuknya kecil dan mempunyai kabel seperti ekor tikus, maka disebut mouse.

Mouse modern yang kita lihat dewasa ini awalnya dibuat oleh Douglas Engelbart bersama Bill English yang saat itu bekerja di Stanford Research Insitute. Tentunya bentuk awalnya tidak seperti yang sekarang kita lihat, prototipe awalnya terbuat dari kayu dan memiliki satu tombol. Alat ini diberi nama "X-Y Position Indicator for a Display System”. Prinsip kerjanya menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y pada komputer. Penemuannya ini kemudian dipatenkan tahun 1967. Penemuan ini sebenarnya hanya bagian kecil dari proyek Engelbart yaitu Augmentation Research Center.

Computer Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973 merupakan cikal bakal mouse modern yang biasa kita gunakan, namun baru pada tahun 1984 pada komputer besutan Apple; Macintosh 128K, tetikus menjadi alat yang populer dan hampir digunakan di setiap komputer. Saat ini dengan kemajuan teknologi, tetikus dapat kita temukan dengan atau tanpa kabel.