Asal usul olah raga sepak bola.
26 June 2017 - 09:17, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Asal usul olah raga sepak bola ternyata memiliki banyak versi, beberapa catatan sejarah ada yang mencatat sepak bola berasal dari berbagai belahan dunia, diantaranya adalah dari Yunani, dengan nama Epskyros; dan diteruskan oleh bangsa Romawi dengan nama Harpastum. Olah raga ini disebarluaskan ke seluruh jajahan romawi, termasuk ke Eropa.

Dari negeri Cina dimulai pada abad ke-2 SM, Dinasti  Tsin, dikenal dengan nama “tsu chu” yang artinya Tsu: “Menerjang bola dengan kaki” dan chu: “bola dari kulit dan ada isinya”. Bola tersebut terbuat dari kulit binatang, ditendang dan digiring lalu dimasukan ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.

Permainan serupa juga dikenal di Jepang sejak abad ke-8, dengan nama “Kemari”. Sedangkan penduduk asli Amerika mengenalnya dengan nama “Pahsaherman”, lalu penduduk Australia mengenalnya dengan nama “Marn Grook” dan Suku Maori (New Zealand) menamakan “Ki-o-rahi’”

Sejarah sepak bola modern dengan aturan dan permainan yang seperti sekarang kita lihat, berasal dari Inggris, yang dimainkan sekitar pertengahan abad ke-19 di sekolah-sekolah Inggris. Tahun 1857 berdiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah klub asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola.

Pada Oktober 1863, sebelas perwakilan dari berbagai klub sepak bola di London bertemu di Freemason’s Tavern. Mereka merumuskan dasar-dasar peraturan permainan yang mereka gunakan bersama-sama. Hasil dari pertemuan ini adalah  berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Organisasi inilah yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur dan terorganisir.

Melalui sekolah-sekolah dan klub-klub, olah raga ini menyebar ke seluruh pelosok Inggris, selanjutnya oleh para pelaut dan penjelajah dibawah menyebrang ke berbagai pelosok Eropa (Italia, Austria, Jerman) dan dunia (Amerika Selatan, Asia, dll).

Untuk mengakomodir berbagai badan sepak bola di dunia, pada 21 Mei 1904, didirikan FIFA atau Fédération Internationale de Football Association (English: International Federation of Association Football) di Paris. Badan ini saat ini terdiri dari 209 Badan Sepak Bola Nasional dan menjadi penyeleggara event internasional: FIFA World Cup setiap empat tahun. World Cup tahun 2014 ini diadakan di Negara Samba Brasil.

(Dari berbagai Sumber) Image: Commons Wikipedia