Hewan apakah ini? bebek atau berang-berang?
04 March 2015 - 17:25, Jfk
5,00/5,00 dari 1

Benua Australia ternyata menyimpan berbagai keunikan, terutama beberapa hewan aslinya yang unik dan menarik yang tidak dijumpai di tempat lain. Sebut saja Kangguru yang memiliki kantong di perutnya ataupun wombat, hewan penggali yang bisa tumbuh dengan berat hingga 36 kg.

Selain itu ada juga Platipus, hewan aneh ini merupakan mamalia bertelur. Uniknya mulutnya memiliki paruh seperti bebek dan hidup di danau atau sungai seperti berang-berang. Yang tak kalah aneh, ternyata hewan ini memiliki bisa seperti ular. Platipus merupakan hewan malam, yang sebagian hidupnya dihabiskan di dalam air untuk mencari makan. Kakinya pun seperti kaki bebek, memilki selaput untuk berenang.

Nama “platipus” sendiri berasal dari bahasa Yunani dan Latin “platupous” yang artinya kaki rata. Hewan ini mulai mencuri perhatian dunia ketika muncul pertama kali dalam sketsa John Hunter, Gubernur negara bagian New South Wales, tahun 1798. Awalnya sketsa ini dianggap sebagai lelucon, tetapi kemudian George Shaw, seorang ilmuwan Inggris mendiskripsikan lebih detail tentang Platipus di Naturalist's Miscellany, tahun 1799.

Platipus dewasa dapat tumbuh hingga 50cm dengan berat sekitar 1-2 kg, jantannya umumnya memiliki tubuh lebih besar daripada betinanya. Makanan utamanya adalah cacing dan larva serangga. Ia juga memiki taji dibagian pergelangan kaki depannya. Taji pada Platipus Jantan memilki bisa beracun yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubunya. Meskipun bisa ini tidak cukup mematikan untuk manusia, tetapi dapat menyebabkan luka yang serius. Taji ini berfungsi sebagai senjata untuk mempertahankan diri.

Platipus menjadi salah satu icon Astralia dan dapat ditemukan di gambar relief coin Australia (***).

Image: Wikipedia Commons