Cara Mengetahui Coklat Itu Enak
13 September 2017 - 09:59, TS
1,00/5,00 dari 1

Tahukah kamu, bagaimana kita mengetahui bahwa coklat itu enak? Nah, sebuah legenda tentang Quetzalcoatie Agung, dewa tumbuhan dan kesuburan, memberikan pengetahuan kepada suku Maya dan suku Aztec. Kedua suku Meksiko kuno itu diajari menanam kakao liar dan mengambil sari buahnya. Buah ini pun ditumbuk dalam adukan, lalu dicairkan, kemudian dicampur dengan rempah, merica, kayu manis dan adas, lalu dilarutkan dalam air. Karena rasa kakao pahit, suku Aztec menambahkan madu supaya rasanya enak. Minuman ini diberi nama Xocolatl.
Kaisar Aztec Montezuma pun menyediakannya sebagai jamuan penyambutan orang Spanyol bernama Hermann Cortez ketika datang tahun 1519. Pada tahun 1615 ketika putri raja Spanyol, Anne d’Autriche, menikah dengan raja Perancis, Louis XIII, coklat diperkenalkan dalam menu makanan Perancis. Coklat pun segera popular dalam lingkungan kelas atas, baik sebagai obat ataupun kudapan (cemilan). Setiap raja memiliki pakar coklat sendiri.

Bangsa Eropa pun menemukan coklat karena Spanyol menaklukan Meksiko, lho. Masyarakat Spanyol mengadaptasi resep asli dimana mereka mengganti merica dengan vanilla lalu menambahkan bunga jeruk. Sebentar saja, mereka meminumnya panas-panas, lalu membentuknya menjadi bulatan padat supaya lebih mudah dipindahkan.

Ternyata, dibalik rasanya yang enak dan membuat ketagihan tersebut, coklat memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan untuk kecantikan. Selama ini coklat dianggap sebagai makanan yang dapat merusak gigi dan juga membuat gemuk. Kegemukan dan kerusakan gigi bukan terjadi karena coklat, melainkan adanya kandungan gula yang ada pada coklat tersebut.

Manfaat coklat yang pertama yaitu dapat menurunkan kolesterol dan menghilangkan stress. Senyawa yang terkandung dalam coklat dikenal dapat menenangkan syaraf yang tegang. Selain itu coklat juga dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam menangkal radikal bebas.
Manfaat makan coklat selanjutnya yaitu dapat merangsang tubuh untuk dapat memproduksi enzim endorphin sehingga penikmat coklat dapat merasa senang ataupun bahagia, terlebih lagi jika coklat tersebut lumer di mulut. Bahkan coklat (tanpa gula) juga dapat mencegah kerusakan gigi ini karena didalamnya terdapat kandungan zat theobromine.

Manfaat coklat bagi kesehatan lainnya yaitu coklat dapat digunakan untuk mencegah dan juga melawan kanker. Menurut beberapa penelitian, coklat dianggap mampu membelah sel kanker dan juga mengurangi peradangan. Coklat juga dianggap dapat meningkatkan kesehatan mata karena coklat mampu melancarkan peredaran darah. Jika darah yang menuju retina dapat berjalan dengan lancar maka kesehatan mata Anda dapat meningkat. Manfaat lainnya dari coklat yaitu dapat mengurangi adanya risiko terkena kanker. Protein yang ada pada coklat dipercaya dapat menghentikan pertumbuhan kanker.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, coklat saat ini juga banyak digunakan untuk kecantikan. Coklat banyak digunakan sebagai bahan lulur, ditambah dengan susu dan juga yogurt maka campuran coklat tersebut dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati.