Tahukah Kamu, Siapakah Kubilai Khan?
04 September 2017 - 12:25, ***
3,00/5,00 dari 2

Kubilai Khan yang lahir tahun 1215 di Mongolia adalah cucu Genghis Khan. Kubilai Khan merupakan cucu favorit Genghis. Ia sering menemani ayahnya, Tule, dalam pertempuran. Pasa usia 12 tahun, ia sudah menjadi penunggang kuda yang trampil dan reputasinya sebagai prajurit mulai tumbuh di usia muda. Umurnya baru 17 tahun ketika ayahnya meninggal. Kubilai Khan adalah salah satu Kaisar Mongol terbesar setelah Genghis Khan dan pendiri Dinasti Yuan di China, sekaligus menjadi Kaisar pertama China dari Dinasti Yuan.

Tahun 1251 Kubilai Khan mulai menguasai wilayah China di bagian timur kerajaan setelah saudaranya, Mongke, menjadi Khan Agung dari Kekaisaran Mongol. Kubilai Khan mengorganisir sekelompok penasihat China untuk memperkenalkan reformasi di wilayah itu. Ia juga mengepalai ekspedisi dengan tujuan mempersatukan China di bawah Kaisar Mongol. Sistem hukum terpisah tetap dipertahankan untuk China dan Mongol. Setelah reorganisasi ini, sebuah ibukota dibangun di Peking (kini eijing), China pada tahun 1267. Kubilai Khan mendirikan Dinasti Yuan pada tahun 1271 dan pada tahun 1278, ia menghancurkan Dinasti Sung dan memimpin kerajaan yang membentang di dua benua.

Kubilai Khan adalah pendukung besar perdagangan, ilmu pengetahuan dan seni. Ia memperkenalkan penggunaan uang kertas untuk seluruh kekaisaran dan memerintahkan penciptaaan alphabet baru untuk bahasa Mongol yang mirip tulisan China. Kubilai Khan juga mendirikan sistem transportasi laut dan mengembangkan rute sungai pedalaman dank anal-kanal. Sistem Grand Canal akhirnya diperpanjang ke utara Peking dari Sungai Kuning.

Setelah pemerintahan yang cemerlang selama 34 tahun, Kubilai Khan meninggal di Ta-tu (Peking), China, pada Februari 1297. Ia dianggap sebagai salah satu penguasa besar dalam sejarah. Ia adalah seorang pemimpin yang cerdas dan bijaksana dari sebuah negara besar.