Bagaimana tanaman mendapatkan makanan?
22 August 2017 - 08:50, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk tetap hidup, begitu juga dengan tanaman. Seperti manusia tanaman membutuhkan makanan setiap hari, tetapi tentu saja proses dan bentuknya berbeda dengan yang kita lakukan. Proses mendapatkan makanan pada tanaman disebut dengan fotosintesis. Pada proses tersebut tanaman mengambil karbondioksida dari udara dan air lalu mengubahnya menjadi zat organik glukosa dengan bantuan sinar matahari.

Tanaman akan menangkap energi dari sinar matahari melalui zat pigmen yang disebut klorofil atau zat hijau daun. Klorofil akan merubah energi cahaya menjadi energi kimia. Proses yang umumnya terjadi di daun ini akan melepaskan oksigen sebagai hasil pembuangannya.

Secara kimiawi, proses tersebut dapat dijabarkan dalam rumus karbondioksida + air - sinar matahari - Glukosa + Oksigen atau 6CO2 + 6H2O - (sinar matahari) - C6H12O6 + 6O2. Zat Glukosa yang dihasilkan inilah yang digunakan oleh tanaman untuk bertumbuh dan menjadi lebih kuat. Tanpa ketiga faktor, Air, Karbondioksida dan sinar matahari, tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis.

Uniknya glukosa yang dihasilkan pada beberapa tanaman juga disimpan sebagai cadangan makanannya misal pada tanaman kentang dan umbi-umbian, disimpan pada akarnya(***).

Image: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Plagiomnium_affine_laminazellen.jpeg