Bagaimana salah satu keajaiban dunia, Machu Picchu dibangun?
10 August 2017 - 09:48, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Salah satu dari situs kuno yang masuk dalam keajaiban dunia adalah komplek istana Machu Picchu yang terletak di Peru. Nah sebenarnya siapa dan bagaimana Machu Picchu dibangun?

Diperkirakan Machu Picchu dibangun pada masa jaya kerajaan Inca sekitar abad ke-15 hingga awal abad ke-16 di sebuah dataran yang memiliki ketinggian 2.430 meter dari permukaan laut. Lokasi tepatnya terletak diantara dua puncak gunung di daerah Cuzco, Peru, Amerika Selatan.  

Para sejahrawan memprediksikan komplek istana kerajaan ini dibangun saat kaisar Pachacutec Inca Yupanqui (1438-1471) dan Tupac Inca Yupanqui (1472-1493) berkuasa, dan berfungsi sebagai tempat tinggal kaisar, para bangsawan dan keluarganya. Komplek ini terdiri dari sekitar 300 bangunan, teras, plasa dan pemakaman, bahkan komplek ini juga dilengkapi oleh sistem pengairan. Secara keseluruhan, situs dibagi dalam beberapa zona yang memiliki fungsinya sendiri, seperti zona pertanian, zona rumah tinggal, zona militer dan kuil matahari.

Situs ini sempat terlupakan selama seratusan tahun saat para penjelajah Spanyol mulai masuk ke  Amerika Selatan hingga diketemukan kembali oleh arkeolog modern berkebangsaan Amerika, Hiram Bingham yang sedang mencari Vilacababa (salah satu kota terhilang Inca). Ia kemudian memperkenalkan kedunia internasional pada 1911. Setelahnya, situs ini mengalami penggalian besar-besaran dan menjadi tempat wisata dan masuk dalam Situs Budaya Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada 1983.

 

Photo credit: HDR_machupicchu2 via photopin (license)