Legenda Mercury Seven
24 July 2017 - 09:01, Jfk
0,00/5,00 dari 0

Mercury Seven adalah nama yang diberikan oleh NASA (Badan Luar Angkasa Amerika Serikat) untuk sekelompok astronot Amerika Serikat. Para astronot ini merupakan generasi pertama Astronot Amerika yang dibentuk setelah Badan Luar Angkasa NASA lahir. Proyek ini diresmikan pertama kali pada 9 April 1959, sebagai bagian dari perlombaan untuk menmbawa manusia ke luar angkasa antara Amerika dan Rusia (saat itu masih bernama Uni Soviet).

Melalui seleksi yang sangat ketat, 508 kandidat dari Angkatan Laut, Marinir dan Angkatan Udara AS bersaing untuk mendapatkan tiket menjadi astronot pertama. Pada akhirnya terpilih tujuh orang yang terdiri dari Alan Shepard, Gus Grissom, John Glenn, Scott Carpenter, Wally Schirra, Gordon Cooper, and Deke Slayton. Ketujuh astronot ini dikarantina dan menjalani berbagai pelatihan fisik yang sangat berat hingga dipilih untuk terbang menggunakan kapsul yang hanya cukup untuk satu orang ke luar angkasa.

Alan Shepard menjadi orang Amerika pertama yang mencapai luar angkasa selama 15 menit dengan menggunakan wahana Mercury-Redstone 3, disusul kemudian pada 21 Juli oleh Gus Grissom dengan Mercury Redstone-4. John Glen menjadi astronot Amerika pertama yang mengorbit bumi bersama Mercury-Atlas 6. ia juga menjadi astronot tertua yang terbang ke luar angkasa kembali pada Oktober 1998, saat itu ia berumur 77 tahun. Ia terbang bersama pesawat ulang alik “Discovery”

Diantara ketujuh astronot tersebut akhirnya banyak yang terlibat dalam beberapa proyek NASA, seperti Appolo dan Gemini hingga mereka pensiun dari NASA. Ketujuh astronot ini merupakan cibal bakal korp astronot Amerika. Sorotan publik dan pemberitaan media massa menjadikan mereka sebagai icon legenda dan pahlawan Amerika.

Image: Wikipedia Commons